18 keuntungan yang membuat Cloud Computing sangat menggiurkan

cloud_computing

 

18 keuntungan yang membuat Cloud Computing sangat menggiurkan

Untuk setiap hal selalu ada perbedaan pendapat, begitu juga dengan masalah Cloud Computing. Mungkin benar bila dikatakan Cloud Computing ini masih membutuhkan waktu untuk menjadi sempurna. Tetapi Cloud Computing tidak bisa dibendung atau ditolak, dia pasti akan diterima oleh semua pihak karena banyaknya keuntungan yang diberikan untuk semua pihak.

Inilah beberapa benefit dari beberapa kategori yaitu bisnis, masyarakat, dan pemerintah.

BISNIS:

    1. A huge potential market.

Membuka kesempatan dunia bisnis untuk bisa menjangkau seluruh dunia sebagai satu market global.

    1. Centralized control and operations.

Dengan program aplikasi dan data terpusat di cloud,lebih mudah melakukan pengontrolan dan pengaturan operasional seluruh perusahaan.

    1. Anywhere and anytime marketing advantage.

Bisa melakukan pelayanan marketing yang tidak terbatas oleh waktu dan tempat.

    1. A more fault tolerant data storage.

Data perusahaan yang tersimpan di cloud akan secara otomatis direplikasi ke beberapa lokasi berbeda hingga lebih kebal terhadap bencana alam.

    1. Reduced risk on software investment.

Mengurangi resiko dalam investasi software yang selama ini harus di bayar di muka. Sekarang perusahaan bisa sewa beberapa bulan dan bisa berpindah seandainya tidak memuaskan.

    1. No more high acquisition and maintenance cost on hardware.

Perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya investasi pengadaan peralatan hardware yang mahal dan perawatannya juga.

    1. Reduced cost with less employees.

Berkurangnya tenaga IT atau bahkan tidak dibutuhkan lagi di perusahaan kecil dan menengah.  Semua sudah dilayani oleh cloud vendor.

    1. A Service-Centric World.

Semua software aplikasi dari tiap perusahaan berkolaborasi secara otomatis memudahkan proses bisnis.

    1. A better focus on your business.

Perusahaan bisa mengkonsentrasikan perhatian, energi, dan dana hanya ke bidang bisnisnya saja.

    1. No more software piracy.

Bagi perusahaan produsen software aplikasi merupakan suatu hal yang sangat menguntungkan karena tidak akan ada lagi pembajakan software

cloud_storage_cloud_integration
MASYARAKAT:

    1. Computing for Everyone.

Cloud computing merupakan pemerataan kesempatan untuk bisa menikmati, berkarya, dan berbisnis di bidang IT karena biaya investasi yang dibutuhkan tidak lagi sebesar sebelumnya.

    1. A better social life.

Setiap orang akan dengan mudahberinterkoneksi seperti facebook tetapi juga bisa berkolaborasi seperti windows live.  Ini semua akan terus berkembang sehingga mempermudah hubungan sosial sesama manusia di seluruh belahan bumi ini.

    1. Personalized and Global media entertainment program.

Kita akan menikmati media entertainment seperti video dsb dari seluruh dunia dan bahkan bisa mengatur jadwal dan isi tanyangannya sesuai dengan kebutuhan pribadi.

    1. A more exciting gaming.

Di dunia game juga tentunya akan menjadi multi-players game mencakup seluruh pemain dari seluruh belahan dunia dan akan menyajikan hal hal yang belum terbayangkan sebelumnya.

    1. Global Education.

Pemerataan pendidikan dengan biaya yang sangat terjangkau karena dari segi penjual jasa pendidikan biaya dan keuntungan bisa diperoleh bahkan lebih besar dengan jumlah pemakai jasa yang juga menjangkau seluruh dunia. Pertukaran dan penyebaran ilmu pengetahuan semakin cepat dan mudah.  Seseorang bisa berlatih gitar dengan seorang musisi di negara yang jauh dari dirinya.  Pusat pendidikan yang bukan lagi “Place Based” atau berorientasi pada tempat seperti “Universitas Terbuka”.

    1. Global Employment.

Satu sisi akan membuka peluang kerja seluas seluruh dunia.  Seseorang bisa bekerja pada sebuah perusahaan yang letaknya jauh di ujung dunia lainnya dan tidak harus datang ke kantor bahkan kantornyapun bisa merupakan sebuah Virtual Office.  Tetapi tentunya persaingan  juga menjadi semakin global.

 

cloud_Solution_treePEMERINTAH:

    1. A clean government with no corruption.

Sistem SOA (Service Oriented Architecture) pada cloud computing yang memungkinkan kolaborasi otomatis di antara software yang dimiliki dunia bisnis dengan software yang dimiliki pemerintah memungkinkan semua transaksi yang berhubungan dengan pemerintah dilakukan tanpa campur tangan manusia seperti perhitungan dan pembayaran pajak.  Hal ini akan menghilangkan korupsi korupsi yang biasanya bisa terjadi karena terlibatnya begitu banyak manusia atau petugas didalam proses tersebut.

    1. A more responsive government services.

Karena setiap warga negara bisa mengakses pelayanan pelayanan secara on line dari mana dan kapan saja maka ini akan meningkatkan kwalitas pelayaran pemerintah.

Source:
– http://www.purwadhikapress.com
lintasmediadanawa.com