4 Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) Bagi Bisnis Anda

crm


 

4 Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) Bagi Bisnis Anda

 

CRM atau Customer Relationship Management adalah sebuah terobosan yang melatarbelakangi pembuatan strategi bisnis berbasis customer. Tujuan utamanya adalah meningkatkan kepuasan pelanggan. Sedangkan tujuan akhirnya adalah memaksimalkan keuntungan dan pendapatan. CRM sudah dilengkapi dengan analisis customer, vendor, partner, proses informasi internal dan penyimpanan.

Sedangkan fungsi-fungsi lain yang mendukung CRM adalah sales, marketing, training, pengembangan profesional, manajemen performa, human resource development, dan kompensasi. CRM adalah salah satu syarat vital bagi bisnis anda untuk memasuki fase berikutnya. Berikut adalah sejumlah aplikasi CRM yang ada di dunia:

Vtiger

Vtiger (https://www.vtiger.com/id/) merupakan solusi aplikasi CRM paling populer. Aplikasi ini membantu perusahaan untuk mengorganisir dan memelihara informasi secara efisien di dalam segala aspek yang berkaitan dengan customer. Fitur – fitur inti di dalamnya antara lain:

  1. Customer Relationship Management: Membantu manage semua data-data customer, dari Accounts, Contact sampai Prospect atas customer yang bersangkutan.
  2. Sales Force Automation: Melakukan penjualan produk dan billing atas customer. Terdapat menu Quotation, Sales Order hingga Invoice.
  3. Customer Service Tracking: Menampilkan layanan purna jual di dalam perusahaan. Baik itu complaint maupun service produk. Bisa ditelusuri juga sudah sampai sejauh manakah service customer yang bersangkutan.
  4. News Service: Semacam memo atau notes yang membantu kita mengingatkan akan hal-hal kecil yang mudah terlupakan.
  5. Corporate Calendar: Mencatat semua event / kalender penting bagi aktifitas perusahaan. Semua jadwal atau agenda kerja akan muncul di menu ini.
  6. Analytical Reports: Menyediakan laporan-laporan yang sudah teranalisis dengan baik oleh system.
  7. Material Management: Berisi fitur mengenai management produk di dalam perusahaan. Baik dari segi produk sampai penambahan dari segi pembelian (Purchase Order) dan pengurangan produk dari segi Penjualan (Sales Order dan Invoice).
  8. Synchronization: Fitur yang bertujuan untuk mensikronisasi antara Vtiger dengan aplikasi email semacam Microsoft Outlook dan Mozilla Thunderbird.

Salesforce

Salesforce (http://www.salesforce.com/) menyediakan segala kebutuhan untuk mengelola penjualan dan layanan (untuk semua bisnis). Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan sistem Cloud, dengan beberapa fitur seperti:

  1. Sales Cloud: Mampu memaksimalkan penjualan, meningkatkan pendapatan, produktivitas dan visibilitas dalam bisnis.
  2. Services Cloud: Transformasi layanan pelanggan dan menciptakan hubungan yang baik dengan mereka.
  3. Marketing cloud: Memantau dan berpartisipasi dalam jejaring sosial.
  4. Salesforce Platform and AppExchange: Membuat aplikasi sosial yang inovatif, mobile dan real-time pada platform yang dapat digunakan oleh lebih dari 100.000 pelanggan.
  5. Salesforce Chatter: Membuat proses bisnis dalam hal sosial. Berkolaborasi secara real time dari mana saja.

 PT Lintas Media Danawa (LMD) adalah perusahaan di Indonesia yang menyediakan Layanan produk dan solusi Salesforce ini. LMD merupakan partner resmi Salesforce.com di Indonesia.

salesforce_lmd_local_partner_in_indonesia

Zoho

Zoho (http://www.zoho.com/) menawarkan manajemen campaign, email marketing, dan lead generation melalui berbagai sumber, seperti website, import data lead dan lain-lain. Terutama berguna untuk mengintegrasikan organisasi penjualan Anda dan kegiatan pemasaran.

Dengan Zoho, Anda dapat secara efektif merencanakan campaign marketing, melaksanakan email campaign, hingga melacak pengeluaran marketing. Selain itu, campaign manajemen terpadu dengan otomatisasi tenaga penjualan akan membantu organisasi Anda dalam mengukur kinerja, laba atas investasi (ROI) dan efektivitas campaign.

SugarCRM

SugarCRM (http://www.sugarcrm.com/) adalah aplikasi CRM yang katanya terbaik di lingkungan Open Source. SugarCRM dapat digunakan oleh berbagai perusahaan, dari mulai UKM hingga perusahaan besar. SugarCRM dapat dengan mudah beradaptasi pada berbagai lingkungan bisnis dengan menawarkan banyak fleksibilitas, alternatif biaya yang murah, hingga ke solusi propertiary atau berbayar.

Dalam pengembangannya, SugarCRM melibatkan banyak narasumber. Dari mulai operator aplikasi CRM, para pelanggan, pengembang, dan para ahli.

Mengimplementasikan CRM bukan sekedar terbatas di instalasi dimana anda tinggal pakai saja. Anda juga perlu upaya berkelanjutan untuk membangun statistik customer dari nol, hingga ke titik dimana anda dapat memanfaatkan data-datanya untuk mengatur strategi marketing anda.

Source:
Bernadius Indra – http://mediabisnisonline.com/
lintasmediadanawa.com