5 Tips Membawa Teknologi Cloud dalam Organisasi Anda

 

manage_cloud_serverAuthor: Suwarno Pribadi, ST., MTI.


5 Tips Membawa Teknologi Cloud dalam Organisasi Anda

 

Teknologi Cloud diperkirakan selesai fase perkenalannya di akhir tahun 2014, setelah itu adopsi dari teknologi ini akan semakin masif diberbagai sektor. Banyak tulisan di cloudindonesia.com yang telah mengupas definisi, kelebihan dan benefit dari teknologi Cloud.

Bagi Anda yang masih belum mengenal secara mendalam mengenai definisi cloud dan benefit dari teknologi ini bisa membaca artikel sebelumnya. Artikel kali ini ditujukan bagi Anda yang sudah mengetahui benefit teknologi cloud bagi kesuksesan perusahaan, dan Anda takut tertinggal oleh kompetitor dan industri disekitar Anda karena belum mengadopsi teknologi cloud.

Berikut ini Tips bagaimana cara beberapa IT leader di Indonesia secara sukses memperkenalkan dan membawa teknologi cloud ke dalam organisasi mereka. Karena selalu ada keragu-raguan bagi top management dalam hal berinvestasi di teknologi baru. Semoga tips ini bisa membantu Anda meyakinkan mereka.

1. Sebagai Development Environtment.

Beberapa IT leader menggunakan Public Cloud sebagai infrastruktur server pengembangan. Selain menunjukan kepada Top Management ini menjadi solusi yang efektif agar tim IT bisa berkolaborasi dengan vendor pengembang software via internet, hal ini juga digunakan para IT leader untuk membiasakan tim mereka bekerja di lingkungan Cloud sehingga familiar dengan cara kerja teknologi maupun bisnis proses provider public cloud dengan risiko lebih rendah.

12. Di awali dengan Low Budget Private Cloud.

Jika problem utama adalah kebijakan keamanan informasi perusahaan dibanding CAPEX, beberapa IT leader biasanya memulai dengan membangun Private Cloud dibandingkan dengan Public Cloud. Strateginya mereka memanfaatkan moment pergantian server operasional, dengan memanfaatkan server lama yang tergantikan untuk dijadikan infrastruktur private cloud. Platform yang digunakan Open Source seperti Openstack atau OpenNebula sehingga biaya yang dikeluarkan cukup biaya Implementasi dari SI tanpa tambahan biaya lisensi. Dengan strategi ini tidak akan ada keluhan dari Top Management bahkan bisa jadi Management akan dikejutkan dengan benefit dari teknologi cloud yang dapat meningkatkan performansi infrastruktur lama.

3. Sebagai Backup Data.

Public Cloud bisa diawali pemanfaatannya untuk melakukan backup data. Layanan Cloud On Demand bisa dipilih untuk memaksimalkan budget yang tersedia karena Anda bisa membayar sesuai kapan server backup data tersebut dinyalakan.

4. Follow The Competitor

Beberapa IT Leader secara singkat dapat mempengaruhi Top Management dengan menyampaikan bahwa kompetitor dekat mereka sudah menggunakan teknologi cloud untuk mengoptimalkan budget infrastruktur dan mempercepat respon IT terhadap kebutuhan peningkatan skala bisnis perusahaan.

5. Analogi Hosting.

IT leader yang cerdas mengetahui kelebihan teknologi cloud dibanding teknologi hosting. Walaupun biaya yang dibutuhkan berbeda, namun mereka dapat menganalogikan bisnis cloud seperti bisnis hosting, sesuatu yang sudah dipahami oleh Top Management. Sehingga penjelasan akan lebih mudah diterima.



[wp_bannerize group=”5 Tips Membawa Teknologi Cloud dalam Organisasi Anda” random=”1″]