Backup Datamu Ke Internet Dengan Cloud Storage

cloud_storage_lintas_media_danawa

 

 

Backup Datamu Ke Internet Dengan Cloud

 

Cloud storage adalah salah satu bagian dari teknologi cloud yang memberikan layanan penyimpanan data (storage) di internet. Dengan cloud storage data yang ada di komputer bisa disinkronkan dengan akun cloud storage agar terbackup jika terjadi perubahan baik itu penambahan atau pengurangan data. Saat ini sudah banyak layanan cloud storage, beberapa diantaranya:

 

Dropbox
Paket Free Dropbox menyediakan free space sebesar 2GB dan masih bisa bertambah lagi hingga 18GB dengan mengajak orang mendaftar Dropbox (referral), tiap orang yang mendaftar free space bertambah 500MB. Dropbox client tersedia untuk semua sistem operasi pc dan perangkat mobile.

 

Ubuntu One
Layanan cloud storage Ubuntu One merupakan bagian dari Canonical, perusahaan di balik distro linux Ubuntu. Paket Free Ubuntu One menyediakan free space 5GB. Walaupun Ubuntu One identik dengan Ubuntu/Linux bukan berarti aplikasi client hanya tersedia untuk Linux. Sama seperti Dropbox, aplikasi clientnya tersedia untuk semua sistem operasi dan perangkat mobile (Androi, iPhone).

 

Google Drive

Google Drive awalnya merupakan layanan cloud app untuk aplikasi office yang disebut Google Docs yang kemudian ditambahkan fitur cloud storage Google Drive. Jadi agak berbeda dengan Dropbox dan Ubuntu One, Google Drive selain sebagai cloud storage juga sebagai cloud apps office suite yang memungkinkan membuat dokumen teks, spreadsheet dan presentation. Selain itu dokumen yang sedang dikerjakan bisa dishare untuk berkolaborasi mengeditnya secara realtime. Paket Free Google Drive menyediakan free space 5GB.

 

Microsoft SkyDrive

Microsoft membuat semacam Cloud Service bernama Skydrive. Microsoft memberi sebutan bagi Skydrive sebagai “Device Cloud” dimana memiliki fungsi menyesuaikan setting dan apps yang ada pada device ber-OS Windows dan kemudian menghubungkannya langsung dengan Skydrive sendiri. Dan kapasitas storage yang diberikan kepada member adalah sebesar 7 GB, ini merupakan terbesar diantara free cloud yang banyak bertebaran di internet.

iCloud
Apple juga mengeluarkan produk cloud yaitu iCloud. Walaupun layanan ini identik dengan Apple namun pada website resmi telah dijelaskan kehebatan cloud sistem ini. Hanya saja khusus gadget keluaran Apple, pengguna dapat menyimpan foto, dokumen, serta email mereka kedalam iCloud. iCloud ini dapat diakses dari mana saja asalkan piranti yang anda gunakan memiliki koneksi internet.
Source:
-http://www.chip.co.id
-http://lintasmediadanawa.com