Bagaimanakah Solusi Layanan Berbasis Mobile dapat Mengurangi Biaya Operasional? (Bag 1)

Bagaimanakah_Solusi_Layanan_Berbasis_Mobile_dapat_Mengurangi_Biaya_Operasional?

Author: Irfan Hilmy.


Bagaimanakah Solusi Layanan Berbasis Mobile Dapat Mengurangi Biaya Operasional? (Bag 1)

Dalam industri yang kompetitif saat ini, setiap entitas perusahaan didorong untuk lebih fokus terhadap perkembangan penjualan, proses pengembangan kinerja dalam menjalankan bisnis harian dan mengontrol pengeluaran/biaya. Perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang selain Manufaktur, pada umumnya memiliki kesulitan dalam mengontrol biaya yang dikeluarkan. Berbeda dengan perusahaan Manufaktur yang dapat mengontrol dengan jelas pengeluaran, dilihat dari jumlah pegawai, peralatan-peralatan yang digunakan dalam pabrik dan output produksi yang dihasilkan.

Sebaliknya Perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan atau distribusi, memiliki banyak pegawai yang bekerja di luar kantor dan dalam kondisi lingkungan yang tidak termonitor dan terkontrol dengan baik (dalam hal ini pegawai tersebut bertindak sebagai teknisi atau sales person).

Salah satu studi kasus yang dapat diterapkan dengan menggunakan solusi layanan berbasis mobile, yaitu proses penanganan gangguan/masalah yang membutuhkan teknisi untuk mengunjungi pelanggan hingga terbit invoice untuk penagihan. Berikut adalah langkah-langkah yang mungkin terjadi apabila menggunakan kertas dan manual work order:

  1. Pelanggan menelepon permasalanan atau gangguan yang terjadi ke call center.
  2. Call center mengisi masalah tersebut ke sistem work order.
  3. Dispatcher menerima work order dan mencetaknya untuk menjadwalkan dan mengalokasikan teknisi.
  4. Teknisi datang ke kantor untuk mendapatkan work order hari itu, mengambil peralatan dan barang-barang yang diperlukan ke dalam kendaraan.
  5. Teknisi menuju ke lokasi pelanggan-pelanggan berdasarkan rute yang dianggapnya paling terbaik, mencatat secara manual jam kedatangan, jam selesai perbaikan, peralatan yang digunakan, menerima pembayaran dan menuliskan bukti pembayaran secara tertulis.
  6. Teknisi menelepon dispatcher untuk menginformasikan bahwa pekerjaan di pelanggan tersebut sudah selesai dan akan menuju ke pelanggan selanjutnya.
  7. Teknisi kembali ke kantor dengan work order yang sudah terselesaikan, pembayaran, dan invoice dalam tulisan tangan.
  8. Personil Back Office mengumpulkan kertas invoice / tagihan dan menginputnya secara manual ke dalam sistem akunting.

Solusi alternatif untuk proses manual diatas yaitu: Dengan menerapkan mobile device sabagai alat bantu kerja, dan Engine Route Optimization. Dengan demikian Perusahaan dapat melakukan otomasi sebagai berikut:

  1. Input work order sekali dan secara otomatis dapat mengalokasikan teknisi berdasarkan workorder tersebut.
  2. Menginput transaksi Inventory menggunakan scanner barcode sehingga lebih cepat, dan akurat.
  3. Melihat Status work order secara real-time tanpa perlu menelepon ke teknisi untuk mengetahui status terakhir pengerjaannya.
  4. Dapat menyediakan invoice dalam bentuk cetak.
  5. Dapat menyediakan fitur untuk mengambil tanda tangan pelanggan secara elektronik untuk Proof of Delivery.
  6. Menerima Invoice secara elektronik dan menerbitkannya dalam waktu yang sama.
  7. Dapat menyimpan semua data tanggal dan jam transaksi secara eletronik untuk kegunaan verifikasi data dan analisis.
  8. Dapat mengoptimalkan proses assignment/alokasi jadwal kunjungan kerja teknisi berdasarkan biaya pengiriman terrendah dan keuntungan maksimum.

 

Demikian bahasan kita kali ini seputar Solusi Layanan Berbasis Mobile, Lima cara tentang bagaimana penerapan layanan mobile dapat menguragi biaya operasional akan kita bahas di artikel selanjutnya, di artikel  “Bagaimanakah Solusi Layanan Berbasis Mobile dapat Mengurangi Biaya Operasional? ” bagian ke 2.

Salah satu perusahaan yang mengembangkan Solusi Layanan Berbasis Mobile di Indonesia adalah Lintas Media Danawa (LMD). Salah Satu layanan LMD adalah aplikasi mobile yang menunjang bisnis perusahaan.

ascendish_logountuk informasi tentang Layanan Berbasis Mobile ini hubungi:

Lintas Media Danawa

Email: marketing@lintasmediadanawa.com

Telp: +6221 7590 1212

web: lintasmediadanawa.com

Referensi:

– BizSpeed, Inc. 2014. 5 Ways Mobile Field Solutions can Rapidly Reduce Costs. – – . 17 Maret 2014