Bekerja dirumah? Kenapa tidak!

Mobile_Marketing

Author: Donny Adiwilaga.


Bekerja dirumah? Kenapa tidak!

Ritual bangun pagi, berangkat kerja bermacet-macetan di jalan dan duduk di meja berpetak hingga pulang dan kembali bermacet-macetan sudah menjadi rutinitas bagi sebagian besar karyawan di seluruh dunia, meskipun terkadang bahkan sering membuat jenuh.

Kegiatan tersebut terus dilakukan oleh para karyawan dengan alasasan untuk menyambung hidup. Padahal, seperti kata pepatah “banyak jalan menuju Roma”, banyak cara untuk melakukan pekerjaan dan kita bebas memilih apakah mau menggunakan cara yang efektif dan efisien atau dengan cara jadul yang cukup efektif tetapi sangat tidak efisien? Atau dalam kasus spesifik apakah Anda memilih bekerja di rumah dengan komputer yang terhubung ke internet atau Anda tetap melakukan ritual jadul dengan bermacet-macet ria pulang dan pergi ke kantor padahal di kantorpun Anda tetap duduk di depan komputer dan terhubung ke internet? Jelas pilihan bekerja dari rumah adalah pilihan yang paling menyenangkan. Di zaman yang modern ini bekerja dari rumah sudah bukan hal yang mustahil lagi karena teknologi saat ini sudah mendukung hal tersebut, tinggal apakah anda atau perusahaan Anda mau melakukannya atau tidak.

Setelah memutuskan untuk bekerja dari rumah, hal berikutnya adalah menentukan tools yang digunakan agar memungkinkan bekerja dari rumah dapat terealisasikan. Saat ini, terdapat beberapa kendala yang muncul ketika kita bekerja dari rumah yaitu komunikasi dengan tim dan sharing data dengan aman ke sesama karyawan perusahaan ataupun klien, untuk menjawab permasalahan tersebut berikut ini tools yang dapat digunakan:

  1. Video conference
    Video conference atau vicon merupakan salah satu media yang dapat dimanfaatkan agar kita dapat bekerja dari rumah, dengan adanya vicon kita tidak perlu lagi bertemu secara langsung untuk meeting ataupun berdiskusi mengenai pekerjaan, karena dengan vicon kita dapat berkomunikasi dan bertatap muka secara langsung dengan media komputer dan koneksi internet, salah satu tools untuk vicon yang terkenal adalah Skype.
  2. Cloud Computing
    Cloud computing merupakan suatu media yang memungkinkan sehingga bekerja dari rumah bisa dilakukan, dengan cloud computing kita seperti memiliki kantor virtual dengan jaringan private dan bisa melakukan sharing data dengan aman seperti berada di kantor sendiri. Belum lagi dengan cloud computing kita tidak perlu melakukan manage server, membayar listrik ataupun sewa gedung, dan yang paling efisien adalah kita tidak perlu bermacet-macet ria untuk mendatangi kantor hanya untuk mengakses data ke server yang kapan saja bisa mati karena banjir, kebakaran ataupun diserang oleh hacker. Resiko-resiko tersebut tidak akan terjadi jika Anda menggunakan layanan cloud computing. Salah satu penyedia jasa Cloud computing yang pertama di Indonesia adalah PT Lintas Media Danawa dengan produknya yang bernama COZY (Cloud Ezy). Dengan Cozy, Anda tidak perlu repot mengeluarkan cost untuk manage server karena semua sudah ditangani oleh ahlinya, Anda tinggal menggunakan dan sisanya ditangani oleh penyedia layanan Cozy. Resiko kehilangan data pun hilang karena PT Lintas Media Danawa yang merupakan pelopor cloud computing di Indonesia sudah berpengalaman dan memiliki tingkat resiko kehilangan data yang sangat kecil.
  3.  Tools kolaborasi
    Tools kolaborasi ini meliputi komunikasi antar karyawan mengenai konteks pekerjaan / proyek maupun pemantauan pimpinan kepada anakbuahnya, saat ini banyak tools yang mendukung untuk kolaborasi antar keryawan salah satunya trello yaitu untuk membagi tugas kepada tim untuk proyek atau pekerjaan tertentu, setiap anggota tim juga dapat mengupdate status tugas yang diberikan melalui tools tersebut. Kemudian ada tools untuk melacak keberadaan karyawan dan memberikan tugas berdasarkan smartphone yang dipegang dengan menggunakan LMD Tracking System yang dikembangkan oleh PT Lintas Media Danawa.

Dengan adanya tools-tools tersebut maka bekerja dari rumah bukan lagi hal yang tidak mungkin dilakukan, bahkan akan menambah efisiensi dan produktifitas karyawan. Jadi masih berfikir mengulangi ritual bangun pagi untuk berangkat kerja bermacet macetan dan duduk di meja berpetak hingga pulang dan kembali bermacet-macetan?

 


Sekilas tentang penulis:
Donny Adiwilaga; tergabung dalam Team Mobile Application Development Division di PT Lintas Media Danawa.