Bisnisnya menggurita hingga ke 100 negara

Salesforce.com local partner in Indonesia_thumb


 

Pemikiran revolusioner Marc Russell Benioff mengenai industri perangkat lunak mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat dunia. Pemikiran itu berupa sistem komputasi awan. Melalui perusahaannya, Salesforce.com, dia menyediakan layanan cloud computing ke berbagai perusahaan di 100 negara di dunia. Bahkan, kini aplikasinya bisa diakses melalui ponsel pintar, seperti BlackBerry dan iPhone. Pendapatan Salesforce.com tahun 2009 lalu mencapai US$ 56,3 miliar.

Bisnisnya menggurita hingga ke 100 negara

Marc Russell Benioff mendirikan Salesforce.com pada tahun 1999 di sebuah apartemen sederhana di San Fransisco, California, Amerika Serikat. Bisnis di bidang penyedia program peranti lunak melalui internet ini berkembang pesat. Benioff pun dinobatkan sebagai pemimpin dari sebuah era yang mengakhiri peran peranti lunak alias the end of software.

Banyak orang telah membuktikan pemakaian aplikasi multifungsi komputasi awan mampu memberikan manfaat langsung. Seperti, mengurangi risiko dan biaya.

Hingga kini, Benioff telah menciptakan lebih dari 150 layanan untuk aplikasi cloud computing yang terintegrasi dengan Twitter, Google, dan Facebook. Salesforce juga menciptakan produk yang bisa diakses melalui ponsel pintar, seperti BlackBerry dan iPhone.

Perusahaan ini menyediakan layanan sesuai permintaan dalam 12 bahasa untuk perusahaan-perusahaan di lebih dari 100 negara di dunia. Dia melakukan semua itu hanya dari kantornya.

Benioff benar-benar mengakhiri model perangkat lunak yang mendominasi industri ini selama 30 tahun terakhir. Sebuah penelitian mengungkapkan, penggunaan 25% perangkat lunak pada tahun 2011 akan menggunakan sistem cloud computing.

Tahun 2005, Benioff membuat AppExchange, sebuah sistem perangkat lunak untuk eBay. Ia menawarkan hampir 400 solusi berdasarkan permintaan yang dibuat sekitar 300 vendor. Mereka semua cocok dengan layanan ini.

Model usaha baru di industri perangkat lunak ini nantinya tidak akan menjadi perangkat lunak berlisensi lagi. Perangkat lunak hanya sebagai layanan. Itu perubahan besar yang ditawarkan Benioff dengan menghadirkan AppExchange.

 

salesforce_LMD_local_partner_in_indonesia

Sembilan dari seluruh mitra AppExchange telah menerima sekitar US$ 100 juta modal ventura hanya dalam waktu tiga atau empat bulan. Selanjutnya, dia optimistis akan ada uang mengalir lebih dari US$ 1 miliar ke pasar layanan perangkat lunak dari komunitas modal ventura ini. Benioff memang menyukai bisnis dengan investasi tingkat tinggi.

Hingga kini, belum ada tanda-tanda penurunan permintaan layanan cloud computing. Gartner Group memprediksi, cloud computing akan terus berlanjut menjadi strategi teknologi teratas tahun ini. Bisnis ini akan terus berkembang dari sisi pendapatan. Pada 2009, bisnis ini menghasilkan US$ 56,3 miliar dan akan menjadi US$150,1 miliar di tahun 2013.

Dalam perjalanan bisnisnya, Benioff masih menghadapi tantangan. Sepertinya, meningkatnya kompetisi dari perusahaan pesaing, yaitu Netsuite Inc dan RightNow Technologies Inc. Selain itu, pesaingnya adalah pemain besar, seperti Microsoft Corp. dan Oracle Corp, yang juga menjalankan usaha sejenis.

Benioff melihat persaingan ini sebagai sebuah tuntutan untuk melakukan yang terbaik. Perusahaannya, Salesforce, yang sekarang menjadi salah satu dari 40 perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia, ditargetkan menjadi salah satu Top 24 Company. Pendapatan perusahaannya pun sudah melebihi US$ 1 miliar.

Artinya, adalah Benioff memiliki banyak sumber daya yang belum tentu juga dimiliki perusahaan perangkat lunak lain. Termasuk, pertumbuhan usahanya. Para pesaingnya tidak memelihara pertumbuhan; sementara pertumbuhan Salesforce tidak melalui akuisisi, tapi pertumbuhan organik berlisensi.

Banyak pengusaha lain yang ingin sukses seperti Benioff dan punya pendapatan fantastis. Tapi, mereka tidak mau bersabar untuk benar-benar melihat dan memahami model bisnis Salesforce.com secara signifikan.

Source:
Kontan.co.id
salesforce.com
lintasmediadanawa.com