Call Center Menggunakan Server Cloud

cloud_server_indonesia


 

Call Center Menggunakan Server Cloud

I. PENDAHULUAN

Tidak bisa dipungkiri lagi peranan ICT dalam setiap perusahaan di bidang apa pun. Salah satunya adalah peranan Call Center. Mungkin kita akan mengerutkan alis kita mengapa topic Call Center yang diambil? Jawabannya adalah karena pelayanan publik tetap menjadi prioritas banyak perusahaan. Seperti contohnya Bank, Operator Telekomunikasi, Rumah Sakit, Asuransi, Travel, dan banyak lainnya memerlukan layanan berupa Call Center. Dan layanan itulah yang dapat menjadi image perusahaan bagaimana masyarakat dilayani dengan baik atau tidak.

Call Center Menggunakan Server Cloud

Disini kami akan mencoba membuat suatu sistem Call Center menggunakan Server Cloud, dimana nantinya akan kamu jelaskan bahwa banyak keuntungan yang didapat apabila menggunakan sistem ini. Selain itu juga ini akan menjadi sebuah peluang bisnis di Indonesia.

II. MANFAAT CALL CENTER
Sadar atau tidak, ternyata sistem Call Center ini banyak sekali manfaatnya. Diantaranya yaitu:

  • Membuka kantor selama 24 jam nonstop, untuk memasarkan produk perusahaan, dan membuka aksesselama 24 jam bagi customer untuk mendapatkan produk dan informasidari perusahaan.
  • Meningkatkan brand image bagi perusahaan.
  • Membantu mempermudah membagi jenis layanan maupun servis yangdimiliki oleh perusahaan sehinggadapat meningkatkan efisiensi kerja.
  • Membantu untuk menyajikan ataumempresentasikan layanan ataupun produk yang telah dibuat oleh perusahaan untuk dapatdipergunakan secara langsung oleh customer.
  • sistem IVR dapat memperpendek waktu tunggu telepon oleh pelanggan. Pada waktu pelanggan menelepon ke perusahaan yang diterima oleh sistem IVR tetapi ternyata semua agen sedang sibuk, maka telepon pelanggan tersebut akan terus dipegang sampai kemudian diteruskan ke agen yang siap menjawab panggilan tersebut.
  • Mengatur lalu lintas penelepon yang masuk dengan baik.
  • Merekam ID penelepon, IVR system merekam semua ID penelepon (CLI) yang masuk kedalam database khusus yang dapat digunakan untuk kepentingan dalam perusahaantersebut.

III. SISTEM CALL CENTER EKSISTING
Umumnya sistem Call Center yang telah terintegrasi masih menggunakan Server nyata yang di install dalam Data Center. Maka dapat dibayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun ruangan Data Center. Space tempat juga harus diperhatikan karena akan memakan biaya lebih dengan adanya ruang Data Center. Dan ini pun memerlukan waktu untuk membangunnya.

IV. SOLUSI CLOUD SERVER
Dengan adanya sistem Cloud Server maka permasalahan diatas dapat diatasi.
Call Center Menggunakan Server Cloud
Cloud Server merupakan Server Virtual yang berfungsi sama dengan server pada umumnya, namun kita dapatmengaksesnya dengan menggunakan internet. Di Indonesia juga sudah ada yangmenawarkan jasa Cloud Server. Dengan adanya Cloud ini maka para pengguna dapat mengakses kumpulan server untuk menjalankan aplikasinya, serta menikmati keleluasaan untuk memiliki storage dengan kapasitas tak terbatas, tanpa ada keharusan untuk membeli, memesan, menginstalasi, maupun melakukan tes terhadap sebuah sistem sebelum digunakan. Berikut keuntungan dengan menggunakan Server Cloud:

  • Menggunakan infrastruktur Cloud sehingga mempunyai fleksibilitas sangat tinggi:
  • Lokasi Agent/Operator bisa dimana saja, hanya memerlukan koneksi internet dengan bandwidth minimum 64 kbps per PC agent.
  • Perangkat yang digunakan PC/Notebook/Netbook + headset. Akses aplikasi web menggunakan browser standard yang sudah ter-install plug in Flash.
  • Dibanding Premises Based, di sisi client tidak diperlukan Server, Ruang Server khusus, dan jaringan telepon.
  • ICT Green

V. LANGKAH MEMBANGUN SISTEM

  1. Registrasi Cloud Service. Daftarkan dulu pada jasa layanan Cloud untuk mendapatkan kapasitas processor,  memori dan harddisk sesuai yang diinginkan.
  2. Instalasi & setting aplikasi: Asterisk & Adobe Flash Media Server. Install Asterisk pada server yang berfungsi untuk konfigurasi PBX dan sistemInteractive Voice Response.Kemudian install Flash Media Server untuk dapat memunculkan popup pada web dan akan memunculkandata Customer.
  3. Instalasi & Setting Media Gateway. Instalasi bisa menggunakan ISDN atau FWT yang berfungsi untuk merubah voice GSM menjadi data IP yang dikirimkan ke Cloud.
  4. Development Web Call Center. Dengan menggunakan PHP maka akan menghasilkan sebuah web untuk mendukung sistem Call Center. Didalamnya akan dimasukkan Login User,  Admin, tampilan popup serta dapat melihat data customer.

VI. PELUANG BISNIS
Sistem Call Center dengan menggunakan Cloud menjadi peluang bisnis di Indonesia dalam menarik minat banyak perusahaan.

Source:
Brury Sulandra – Academia.edu Share Research – http://www.academia.edu/




[wp_bannerize group=”5 Tips Membawa Teknologi Cloud dalam Organisasi Anda”  random=”1″]