Cloud di dalam bidang medis

cloud_computing_indonesia

 

Cloud di dalam bidang medis

Kita sudah mengetahui banyaknya fungsi atau keuntungan yang di berikan oleh sistem Cloud Computing dalam banyak bidang terutama bisnis. Lalu bagaimanakah jika Cloud Computing digunakan dalam hal medis? Apakah keuntungannya?
Penggunaan teknologi IT dalam dunia medis sudah lama digunakan, contohnya saja dalam penyimpanan data pasien, data dokter ataupun yang lainnya. Tapi apakah hanya itu? Apakah penggunakan teknologi dalam dunia IT sudah maksimal? Beberapa tahun ini dalam dunia medis ada yang dikenal dengan nama EMR (Electronic Medical Records) atau dalam bahasa Indonesia nya adalah Rekaman Data Medis Elektronik yang menggunakan networking system seperti internet. EMR ini adalah sebuah software yang digunakan untuk menyimpan data medis para pasien.

Dengan masih menggunakan sistem atau teknologi networking seperti internet, EMR hanya bisa diakses oleh pengguna atau user dan penyedia layanan EMR di satu tempat saja, dan EMR tidak terintegerasi ke dalam software lain atau tidak dapat digunakan ke penyedia software lain (dalam hal ini Rumah Sakit). Tetapi dengan adanya dunia Cloud dunia medis sekarang ini menjadi sangat maju, terutama untuk menintegrasikan EMR, sehingga dengan masuknya Cloud Computing data medis para pasien dapat diakses di manapun, kapanpun.

Saat menggunakan Cloud Computing nama EMR diganti dengan EHR (Electronic Health Records), dan software atau aplikasi EHR ini dapat diakses melalui PC, laptop, tablet maupun smartphone dengan menggunakan browser sehingga memudahkan user. Data EHR juga dapat disi atau di-update oleh user kapanpun, diisi manual maupun menggunakan data dari alat medis.

Berikut ini kita akan melihat beberapa web penyedia aplikasi EHR/EMR:

1. Microsoft HealthVault

microsoft_health_vaultMicrosoft HealthVault adalah platform berbasis cloud milik Microsoft yang berfungsi untuk menyimpan dan memelihara informasi kesehatan dan kebugaran user. HealthVault memberikan kita layanan EHR yang dapat kita akses melalui web di: www.healtvault.com , tidak hanya itu kita juga dapat meng-upload informasi kesahatan kita melalui alat medis yang umum seperti heart rate watches, blood pressure monitors dan withings wifi bodyscale.
HealthVault juga memberikan fasilitas penyimpanan dan informasi medical imaging yang dapat kita download dan upload ke dalam medical records kita.

2. Dossia

dossia_logoDossia adalah salah satu aplikasi medis yang berbasis cloud. Dossia sendiri didirikan oleh salah satu perusahan besar di dunia yaitu AT&T yang sekarang ini berada di Amerika Serikat. Fasilitas Dossia sedikit berbeda dengan sebelumnya, mereka menggunakan nama PHR (Personal Health Record) atau catatan kesehatan personal yang menggunakan software Open Source, dan para user dapat men-download¬ catatan medis elektronik mereka secara penuh melalui gadget mereka. Dossia pada awalnya dibentuk oleh beberapa perusahan besar dunia seperti AT&T, Applied Materials, BP America, Cardinal Health, Intel, Pitney Bowes, Sanofi-aventis, Walmart, Abraxis BioScience, Vanguard Health Systems, dll dimana para karyawannya menggunakan aplikasi medikal Dossia. Sistem Dossia memungkinkan tiap orang untuk mengumpulkan data medis mereka (secara digital) dari bayak sumber untuk membuat catatan medis elektronik portable mereka sendiri. Dossia juga memungkinkan pasien untuk lebih mudah berkomunikasi dengan dokter dan dapat melihat grafik kesehatan mereka secara digital.

3. Google Health

google_healthGoogle Health salah satu penyedia catatan medis secara cloud yang tidak berhasil menyaingi pasar. Sebenarnya Google Health diperkenalkan oleh Google pada tahun 2008 dan di bubarkan atau discontinue pada tahun 2012, dan para pengguna Google Health disarankan dan diperbolehkan mentransfer PHR mereka ke Microsoft HealthVault sampai dengan 1 Januari 2013. Fasilitas yang ditawarkan oleh Google Health tidak jauh berbeda dari kompetitornya, yaitu PHR (Personal Health Record) atau catatan kesehatan personal, update kondisi kesehatan tubuh, dan pembelian obat secara online dengan menggunakan cloud.

Selain yang sudah disebutkan diatas masih banyak lagi aplikasi medis berbasis cloud yang ada, seperti, World Medical Card, open-source Indivo project, MyMediConnectaccount, CureMD, 7Medical System, dan masih banyak lagi.

Source:
Artikel Oleh: Daniel Esaputra dan Albert Haloho – www.purwadhikapress.com/
lintasmediadanawa.com