Kerjasama Salesforce dan Microsoft Hadirkan Aplikasi CRM di Windows dan Office

salesforce_ExactTarget

Kerjasama Salesforce dan Microsoft Hadirkan Aplikasi CRM di Windows dan Office

Salesforce dan Microsoft telah sepakat untuk bekerjasama dalam pengembangan aplikasi CRM yang akan dihadirkan di Microsoft Windows dan Microsoft Office 365. Saat ini Salesforce juga sedang mengembangan aplikasi CRM baru berbasis Windows 8 dan Windows Phone 8.1. Sebelumnya sempat tersiar kabar bahwa Microsoft tengah menjalin kerjasama dengan Salesforce untuk mendapatkan sertifikasi aplikasi CRM yang akan diintegrasikan dengan layanan Azure.

Akhir-akhir ini Microsoft memang cukup gencar mengepakkan sayap pada pengembangan solusi cloud yang dimilikinya. Seperti sebelumnya telah diumumkan kerjasama Microsoft dengan SAP, yang berbuah pada pemberian sertifikasi pada Azure untuk menjalankan solusi SAP HANA di platformnya.

Langkah serius dalam memajukan layanan Microsoft Azure sepertinya tak terlepas dari latar belakang CEO yang baru memimpin raksasa software yang bermarkas di Redmond ini. Satya Nadella sebelum menggantikan Steve Ballmer merupakan Executive Vice-President of Cloud and Enterprise Group dari Microsoft. Berbekal keahlian dan pemahaman teknisnya tentang cloud, sepertinya platform cloud Microsoft akan terus digenjot hingga menjadi solusi yang paling handal di pangsa pasar public cloud ataupun private cloud di dunia.

salesforce_ExactTarget1Namun jika melihat dari press release yang diterbitkan Microsoft, tidak tampak kerjasama dengan Salesforce melibatkan solusi Microsoft Azure secara langsung. Namun tidak dapat dipungkiri juga jika Azure akan menjadi backend dari solusi yang akan dirilis ini.

Aplikasi resmi Salesforce di Windows 8 dan Windows Phone 8.1 akan muncul secara resmi di tahun 2015, walaupun versi preview akan segera dirilis di tahun ini. Bagi pengguna Microsoft Outlook, app Salesforce untuk Outlook sudah dapat dinikmati saat ini.

Integrasi Salesforce dengan Office 365 memungkinkan pengguna dapat melakukan single sign-on melalui berbagai perangkat, baik PC, tablet ataupun smartphone. Integrasi ini juga mengindikasikan bahwa solusi Salesforce akan terhubung baik dengan SharePoint Online, produk bisnis andalan Microsoft yang dipaket dalam Office 365. Selain Office 365, integrasi juga akan dijalin dengan varian produk Office lain, seperti Excel dan Microsoft Power BI.

“Hubungan kita dengan Microsoft telah berkembang selama beberapa dekade. Ketika Satya menjadi CEO, kami memiliki kesempatan untuk berhubungan lebih kuat dengan Microsoft. Kita memang selalu ingin memiliki hubungan dekat dengan Microsoft, dan sekarang kita telah melakukannya”, kata Benioff dalam konferensi pers bersama Satya Nadella.salesforce_ExactTarget2

Langkah Microsoft untuk memaksimalkan produk cloud diiyakan oleh Satya Nadella dalam sesi tersebut yang. Ia mengatakan bahwa Office 365 akan menjadi salah satu poin utama dari integrasi kedua produk ini. Marc juga mengatakan bahwa pihaknya menawarkan solusi Internet Marketing ExactTarget Salesforce bisa tertanam di Office 365. Salesforce juga akan mendukung integrasi ini edngan mengembangkan solusi database berbasis SQL Server untuk ExactTarget.

 

Source:
Randi Eka Yonida – http://enterprise.dailysocial.net/
salesforce.com