Manfaat Cloud Computing untuk dunia pendidikan

cloud_computing

 

 

Manfaat Cloud Computing untuk dunia pendidikan

 

Sering sudah kita dengar manfaat cloud computing untuk bidang bisnis seperti mengurangi resiko investasi dan biaya IT. Apakah tidak ada manfaatnya bagi dunia pendidikan ? tentu saja ada dan sangat luar biasa.

Kalau kita simak di Indonesia ada 3 kendala besar di bidang pendidikan:

Jumlah kursi yang tersedia atau daya tampung sekolah baik dari SD sampai perguruan tinggi adalah sangat jauh dari kebutuhan yang ada.
Kemampuan ekonomi yang sangat lemah karena masih banyak keluarga yang hidup berkekurangan sehingga tidak mampu menyekolahkan anak anak mereka di sekolah yang bermutu.
Kekurangan tenaga guru yang berkwalitas.

logo_cozyNah dengan cloud computing ketiga hal tersebut akan teratasi. Dengan Cloud Education atau Cloud Campus maka siswa bisa mengikuti pelajaran tanpa harus datang ke sekolah tetapi bisa secara remote lewat internet. Sehingga jumlah peserta per-satu kelas bisa menjadi tidak terbatas seperti umumnya pendidikan yang membutuhkan ruangan secara fisik.

Dengan demikian untuk masalah yang kedua juga menjadi teratasi karena biaya penyelenggaraan pendidikan jadi jauh lebih murah. Ditambah lagi dengan pemakaian ebook sebagai sumber pustaka sehingga bisa diberikan secara gratis kepada para siswa. Microsoft baru saja menginvestasikan US$300 juta untuk ebook.

Cloud Computing juga memungkinkan instruktur untuk mengajar dari jarak jauh tanpa harus hadir ke satu lokasi tertentu atau kelas sehingga kita bisa mempunyai para instruktur berbobot dari manca negara.

Kendala yang masih ada tentunya adalah jaringan internet yang tersedia dan belum dikenal oleh masyarakat secara luas.
Source:
– http:// www.purwadhikapress.com
lintasmediadanawa.com