Mobile application sebagai angin segar di Indonesia

 

 

Layanan_Berbasis_Mobile

Mobile Application sebagai angin segar di Indonesia

 

Salah seorang developer yang bekerja di Australia mengatakan Indonesia sudah harus mulai mengarah melakukan bisnis dengan Mobile application. Hal ini merujuk pada kemampuan mobile application yang bersifat sangat personal dan sangat modern. Dan Indonesia sampai masuk ke urutan nomor 6 terbesar di dunia dalam hal pengguna mobile & Internet devices.

Pengguna mobile & internet devices sudah menjadi kebutuhan harian yang jika boleh saya samakan, demand categorynya sudah selevel dengan kebutuhan makan siang. Dan yang membuat dampak semakin positive adalah prilaku pasar sudah menyadari pentingnya ter”update” dengan berita, social network dan hal hal yang berbau informasi tehnology dan mendorong mereka untuk terus ter”update”

Kabar baiknya lagi adalah Mobile Application bisa dijadikan sebagai senjata marketing yang baik bagi industri manapun saja. Bayangkan bahwa dengan adanya mobile application yang berkonten creative, tidak monoton dan attractive akan menjadi media sumber informasi bagi konsumen dan program retention akan berjalan sangat baik.

Sudah ada beberapa korporasi yang menggunakan mobile Application sebagai salah satu alat CRM, namun belum terimplementasikan dengan baik mengingat promo yang dilakukan tidak besar besaran. Tips dalam menggunakan mobile application adalah membuat program menarik dan selalu mengedukasikan masyarakat mendapat informasi dari mobile application.

Nah, hal tersebut menjadi keunggulan yang bisa kita berikan kepada konsumen, namun kelebihan yang bisa didapat oleh perusahaan adalah data statistik perihal jumlah downloader, direct complain atau saran yang bisa ditindak lanjut hanya dari mobil device yang selalu kita bawa. Telah lahir “ jiwa keterdekatan” antara Customer dan perusahaan yang sama sama saling terikat.

Itu baru satu keunggulan dari sisi Marketingnya antara perusahaan dan customer. Belum lagi keunggulan mobile application yang bisa digunakan sebagai alat komunikasi internal BOD sampai managerial level dimana data data real time online harus tersupport pada saat itu juga, meeting reminder, task reminder,dll.

Source:
-http://blog.vanwellis.com
-http://lintasmediadanawa.com