Mobile Marketing, cara paling jitu dan efektif untuk memasarkan produk di masa kini

Mobile_marketing_1

Author: Irfan Hilmy.


Mobile Marketing, cara paling jitu dan efektif untuk memasarkan produk di masa kini

 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa saat ini perangkat teknologi telah beralih dari penggunaan PC yang statis, menuju penggunaan mobile device yang jauh lebih dinamis. Tidak seperti penjualan PC yang semakin hari semakin menurun, penjualan smartphone dan tablet justru meroket. Semua produsen smartphone berlomba-lomba mengeluarkan perangkat yang paling mutakhir dengan spesifikasi tinggi agar produknya ramai diburu orang – terlepas dari fakta bahwa dari spesifikasi tinggi tersebut tidak banyak pengguna yang mampu memanfaatkannya dengan optimal.

Ya! Memang smartphone dan tablet sekarang dimiliki orang tidak hanya karena fungsinya, aroma gengsi dan prestise turut membumbui ketika seorang calon pembeli smartphone menentukan pilihannya. Lalu apa hubungannya dengan efektifitas dalam proses marketing? Tentu ada!

Dari data yang dirilis Nielsen, rata-rata pengguna smartphone atau tablet di Amerika Serikat menghabiskan 60 jam dalam seminggu untuk melihat konten yang disediakan smartphonenya. Bayangkan, 60 jam! Jumlah ini lebih besar daripada rata-rata waktu kerja dalam seminggu yang hanya 40 jam, dan pastinya jauh di atas waktu yang dihabiskan rata-rata orang untuk menonton TV dalam seminggu. Angka sebesar ini tidak lepas dari karakteristik smartphone yang mobile dan dinamis, artinya perangkat ini dapat digunakan untuk mengakses konten di mana saja, mulai dari saat mengantri yang membosankan, ketika bersantai, menunggu pesanan datang di rumah makan, atau bahkan (maaf) duduk di atas kloset!

Semakin beragamnya aplikasi di smartphone disinyalir menjadi salah satu penyebab mengapa tingkat penggunaan smartphone begitu tinggi. Selalu ada aplikasi yang membantu Anda dalam melakukan suatu pekerjaan. Mulai dari berkirim pesan, menyimpan catatan saat rapat, menghitung jarak yang telah ditempuh selama jogging, mencari tempat makan yang enak, atau hanya sekedar melepas penat dengan
bermain games.

Besarnya jumlah pengguna yang berakibat semakin seringnya akses terhadap konten mobile di smartphone, tentu akan selangkah lebih meningkatkan probabilitas keberhasilan sebuah program marketing. Anda punya produk bagus pun belum tentu penjualannya bagus apabila tidak banyak orangyang tahu. Dengan menyasar kepada pengguna smartphone, salah satu syarat agar proses marketing
produk Anda dapat berhasil telah dipenuhi.

Mobile_Marketing

Dibandingkan dengan cara konvensional, marketing dengan memanfaatkan media smartphone memiliki
beberapa keunggulan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Pemilihan segmen pasar yang lebih fokus.
Pengguna smartphone sangat mudah dikelompokkan ke dalam segmen-segmen. Mulai dari platform atau OS smartphone apa yang digunakan pun sudah menentukan seorang pengguna dapat dikategorikan ke dalam segmen pasar yang mana. Pengguna iOS (iPhone dan iPad) bisadikategorikan ke dalam segmen pasar premium atau high-end, sementara pengguna OS Android bisa dikategorikan ke dalam berbagai level, tergantung jenis perangkat yang digunakan. Atau jika ingin menyasar dari segi usia, kita dapat memasarkan produk untuk kalangan usia muda dengan beriklan melalui games atau aplikasi jejaring sosial. Dengan smartphone, kita dapat memilih target pasar kita dengan memanfaatkan data pengguna tersebut, karena komunikasi yang terjadi adalah dua arah, tidak seperti media cetak, televisi, dan radio di mana komunikasi hanya bersifat satu arah. Selain dengan proses interaksi, pengumpulan data pengguna di balik layar pun sangat lumrah terjadi.

2. Pemetaan secara geografis yang akurat.
Melalui penggunaan smartphone, kita dapat mengumpulkan data lokasi pengguna secara tepat. Hal ini tentu saja sangat membantu analisis untuk menentukan strategi marketing yang tepat untuk produk Anda.

3. Anda dapat langsung menghasilkan penjualan.
Siapa yang tidak ingin iklannya direspon dengan pemesanan? Dengan menggunakan smartphone, Anda bisa langsung mengarahkan pengguna yang tertarik dengan produk Anda untuk melakukan pembelian. Transaksi pembayaran sekarang sudah sangat lumrah dilakukan via smartphone, entah itu Anda memiliki platform sendiri untuk mengurusi e-commerce yang Anda miliki, atau dengan menempatkan produk Anda di online marketplace yang sudah tersedia, sesederhana itu!

4. Viral Marketing.
Pengguna smartphone biasanya sangat dinamis. Begitu mereka menyukai suatu produk, biasanyamereka berbagi dengan teman atau koleganya. Entah itu melalui jejaring sosial, obrolan grup, atau obrolan pribadi. Secara tidak langsung, satu orang pengguna yang puas akan menjadi influencer atau memberi pengaruh kepada lingkungannya di dunia maya. Walaupun memang hal yang sama pun akan terjadi saat pengguna kecewa atau tidak puas dengan suatu produk.

Dengan prediksi semakin meningkatnya penggunaan smartphone di dunia, semakin jelas bahwa mobile marketing menjadi salah satu cara yang sangat ampuh untuk menggencarkan program marketing Anda. Bahkan jika sekarang Anda telah memanfaatkan media marketing yang satu ini, Anda belum tentu dapat dikatakan selangkah di depan. Namun jika Anda masih bertahan dengan metode marketing yang konvensional dan kaku, dapat dipastikan bahwa Anda telah tertinggal ratusan mungkin ribuan langkah di belakang pesaing-pesaing Anda.

Jadi, segeralah tentukan langkah Anda di dunia digital marketing yang paling dinamis, mobile marketing!

 

Lintas Media Danawa, yang merupakan anak perusahaan Lintasarta yang bergerak dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi data, pada saat ini telah memiliki beberapa solusi aplikasi untuk smartphone. Di mana aplikasi-aplikasi ini akan sangat bermanfaat dalam membantu pekerjaan Anda. Beberapa contoh produk yang telah dirilis antara lain:

1. Ascendish Surveia, yang merupakan produk aplikasi mobile untuk melakukan survey terhadap
pasar, pelanggan, atau internal sebuah perusahaan. Sangat cocok untuk perusahaan yang
memperhatikan kepuasan pelanggan.

2. Ascendish Polls, yang merupakan produk aplikasi mobile untuk jajak pendapat/polling terhadap
publik, di mana Anda dapat menerbitkan jajak pendapat tersebut disertai iklan Anda.

3. Ascendish Queue, yang merupakan produk aplikasi mobile untuk reservasi dan antrian. Sangat
cocok untuk perusahaan yang menawarkan jasa public dan membutuhkan sistem antrian atau
pemesanan yang dapat dilakukan pelanggannya dari manapun berada.

4. Ascendish Distriboost, yang merupakan produk aplikasi mobile untuk mengakomodasi proses
distribusi produk, dan meningkatkan kinerjanya, antara lain dengan tracking posisi dan
perekaman lokasi serta waktu tempuh antar lokasi.

 


Referensi:

  •  Innovation in Mobile Advertising: What’s buzzing? – http://digitalmarketingmagazine.co.uk/mobile-digital-marketing/innovation-in-mobileadvertising-what-s-buzzing/513
  • Is This The Future Of Mobile Marketing And Mobile Advertising? – http://www.forbes.com/sites/steveolenski/2013/12/30/is-this-the-future-of-mobile-marketingand- mobile-advertising/2/
  •  Types of Mobile Marketing – http://www.pb.com/smb/solutions/mobile-marketing/types
  • What does a “Most Powerful Woman in Mobile Advertising” say about Responsive Design? – http://www.brilliantagent.com/what-does-a-most-powerful-woman-in-mobile-advertising-sayabout- responsive-design