Pembangunan Cloud Hosting Sebagai Media Upload Layanan Mahasiswa Berbasis Web

cozy_private_cloud_server


Pembangunan Cloud Hosting Sebagai Media Upload Layanan Mahasiswa Berbasis Web

Dewasa ini teknologi cloud computing menjadi primadona dalam pengembangan infrastuktur IT, hal ini berlaku pula di lingkungan pendidikan terutama bagi institusi pendidikan yang berbasis IT di Indonesia.

Sebelum ditemukannya teknologi cloud computing, pembangunan infrastruktur IT di Indonesia untuk menunjang pendidikan masih tergolong mahal. Contohnya untuk membangun server hosting untuk mengupload tugas mahasiswa yang berbasis web diperlukan perangkat keras yang handal, belum lagi dikalikan jumlah mahasiswa yang ingin menggunakan server hosting tersebut. Hal ini tentu saja memberatkan pihak institusi.

Dengan menggunakan teknologi cloud computing untuk membangun server hosting, atau yang lebih dikenal dengan cloud hosting, banyak server yang dapat dibangun dalam sebuah server real sehingga dapat mengurangi pengeluaran untuk membangun server real untuk mahasiswa, karena server akan dibangun secara virtual. Secara performansi, server virtual lebih baik daripada shared server, dimana masing-masing server akan memiliki kemandirian resource (RAM, processor dan storage).

Sehingga pembangunan cloud hosting sebagai media upload layanan mahasiswa berbasis web ini dapat digunakan untuk menunjang perkuliahan, terutama sebagai media simulasi hosting website yang sebenarnya.

 PT Lintas Media Danawa (LMD) merupakan salah satu penyedia layanan cloud server di Indonesia, dengan  produk Cozy yang dapat memberikan solusi untuk berbagai bidang usaha. (Lihat: lintasmediadanawa.com | cozy.co.id)

 

Source:
Abid Tommy W.- http://tass.telkomuniversity.ac.id