Tingkatan Service Cloud Computing

 

cloud_solution_evolution

 

Tingkatan Service Cloud Computing

Berbicara mengenai Teknologi. Cloud Computing ini sebenarnya dalam memberikan service kepada pelanggan terdiri dari 3 tingkatan :

[socia;
1. INFRASTRUKTUR AS A SERVICE

Artinya adalah provider Cloud Computing akan menyewakan hardware kepada client yang akan menyewa. Misal nya menyewakan server . namun isi dari server tersebut adalah masih kosong sama sekali. Client yang menyewa harus mengisi dengan Operating system yang mereka mau bahkan aplikasi aplikasi yang akan mereka pergunakan. Kelebihan nya adalah client penyewa bisa lebih flexible menentukan kebutuhan yang sesuai dengan yang mereka inginkan. Tapi tentu saja dibutuhkan anggaran yang lebih besar karena pada dasarnya client tetap harus menyediakan contain dari server dan perangkat lain nya sendiri.

 

2. LATFORM AS A SERVICE.

Artinya Provider Cloud Computing sudah menyewakan hardware cloud computing beserta connfigurasi standard nya. Misal ya perangkat server.. oleh provder perangkat tersebut sudah diisi dengan Operating system tertentu misal saja Linux. Maka penyewa harus menyesuaikan diri dengan Spec server dan operating sisten yang tersedia. Sehingga aplikasi yang mereka akan tanamkan di server tersebut bisa sesuai dan pas dengan operating system nya.

 

3. SOFTWARE AS A SERVICE

Provider dengan penawaran type ini adalah yang paling komplit di sisi provider. Biasanya sebelum menjual provider akan melakukan survey konfigurasi semacam apakah yang paling banyak dilakukan dan dibutuhkan di sisi pelanggan sehingga nanti nya tentu ketika dilempar ke pasar akan menjadi buruan para pengguna karena spesifikasi yang pas. Dan type ini jika memang pas sesuai kebutuhan pelanggan akan sangat membantu karena penyewa tidak diharuskan ikut repot urusan dalam provider. Hanya cukup meletakkan data di dalam cloud ini, ibarat orang mau ngontrak rumah.. tinggal bawa baju saja karena rumah disewakan lengkap dengan isi isinya. Ketika kita memutuskan untuk menyewa cloud computing kepada suatu provider, harus kita pastikan kita tahu type mana yang akan kita sewa, karena nih.. tidak semua provider menyediakan tiga type cloud computing tersebut di atas.

 

Source: – http: //artabowillmore.wordpress.com/ – lintasmediadanawa.com