Tips Menaikkan Brand Aplikasi Mobile

Tips Menaikkan Brand Aplikasi Mobile

Author: Irfan Hilmy.- Mobdev LMD.


Tips Menaikkan Brand Aplikasi Mobile

Sebagai seorang marketer dalam industry mobile application tentu ingin agar produknya dapat terjual dan laris di pasaran, tapi tahukah kita caranya agar penjualan kita dapat sukses? Upaya apa saja yang dapat kita lakukan untuk dapat menaikkan brand dari produk kita?

Menurut Priya Viswanathan di mobiledevices.about.com terdapat tiga jenis brand mobile application diantaranya adalah:

1. Mobile Web Brands, brand tipe ini tampil dalam bentuk web dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada user dalam kegiatan browsing.
2. Tipe aplikasi yang menawarkan pengalaman berbeda untuk mobile device seperti foursquare, Instagram dan lain – lain.
3. Aplikasi mobile tradisional yang memberikan performance yang baik kepada usernya.

Dalam menjual produk kita harus fokus pada pelanggan jika ingin sukses di pasaran. Produk tersebut harus memenuhi kebutuhan pelanggan sesuai dengan apa yang dijanjikan oleh perusahaan dan juga memberikan pengalaman berharga pada pemakai.

Masih menurut Priya, berikut adalah beberapa yang dapat dilakukan untuk mencapai kesuksesan dalam menaikkan merek suatu produk yaitu:

1. Pelanggan adalah raja, walau kita tentu saja harus membuat aplikasi yang menarik, tapi yang paling penting adalah aplikasi kita mempunyai nilai lebih untuk pelanggan, dapat meningkatkan produktivitas mereka.
2. Kita harus meneliti kebutuhan dan motif pelanggan dalam menggunakan aplikasi kita dan membuat rencana marketing dan juga branding yang sesuai.
Aplikasi_mobile3. Selalu pahami kelebihan dan juga kekurangan masing – masing platform dari aplikasi yang akan kita buat. Rencanakan dengan matang fungsi dari aplikasi sesuai dengan platform yang digunakan.
4. Lakukan testing secara menyeluruh sebelum memasukkan aplikasi ke app store. Aplikasi mobile yang crash saat digunakan akan menurunkan tingkat kenyamanan dari pelanggan.
5. Suatu aplikasi mobile akan efektif di pasaran jika menawarkan sesuatu yang unik kepada pelanggan. Dengan banyaknya pesaing kita diharapkan memberikan sesuatu yang berbeda kepada pelanggan, menarik dan berdaya guna serta konsisten dengan apa yang dijanjikan sehingga pelanggan terus menggunakan aplikasi kita.
6. Setelah kita melakukan semua itu saatnya kita mempromosikan produk kita ke media untuk mendongkrak tingkat pemakaian aplikasi.
7. Sediakan update secara teratur agar aplikasi kita tetap dapat berjalan lancar dan baik dapat menaikkan brand dari aplikasi tersebut.

Begitulah beberapa tips dalam menaikkan brand suatu aplikasi.
Referensi:
Useful Tips for Succesful Mobile App Branding – http://mobiledevices.about.com/od/appbranding/qt/Useful-Tips-For-Succesful-Mobile-Apps-Branding.htm
lintasmediadanawa.com