Volvo Gunakan ”Cloud” untuk Merekam Kondisi Jalan

manage_cloud_server

Volvo Gunakan ”Cloud” untuk Merekam Kondisi Jalan

 

Sudah banyak artikel-artikel yang membahas tentang penggunaan teknologi cloud di kehidupan maupun dalam bidang teknologi. Berikut salah satu artikel yang juga membahas tentang salah satu penggunaan cloud di bidang  automotive. Dikutip dari berita otomotif di kompas online.

Volvo bergabung dengan Lembaga Transportasi Swedia dan Norwegia, untuk membangun ”jaringan” informasi yang berguna untuk keamanan. Ketika mobil menemui jalan yang berpotensi membahayakan, seperti licin, lubang besar, atau rusak parah, mobil akan mengirimkan data ke Cloud dan dikirim untuk mobil-mobil yang akan melewatinya.

Tentu ini tidak mudah. Mobil yang dikirim informasi juga harus menggunakan sistem jaringan yang sama. Cloud sendiri adalah semacam ruang penyimpan data yang bisa diakses di mana pun melalui jaringan internet.

Dijelaskan lebih detail, mobil akan mendeteksi keadaan bahaya dari sensor-sensor yang mengakibatkan sistem keamanan mobil bekerja. Misalnya jalan licin yang membuat sistem penstabil putaran roda harus bekerja. Dari sini data akan diproses dan segera dikirim ke Cloud.

Data yang diolah juga bisa dikirim ke pihak berwenang yang mengatur keselamatan jalan raya. Informasi yang dikirim akan sangat cepat dan membuat para petugas memberi perhatian khusus di titik yang berbahaya.

”Jika pihak yang berwenang mendapat informasi jalanan licin dari banyak mobil, data bisa dipakai untuk menghemat biaya perawatan jalan selama musim dingin, selain menambah tingkat antisipasi keamanan,” kata Erik Israelsson, Project Leader Cooperative Intelligent Transport System Volvo Cars.

Saat ini, Volvo menguji coba teknologi ini dengan mengoperasikan 50 mobil, angka yang dianggap mewakili fungsi informasi, dan menjadi tolok ukur sekaligus target pertumbuhan teknologi ini ke depan.

Source:
– otomotif.kompas.com
lintasmediadanawa.com


visit our other blog: Cloud Indonesia