Cloud Computing untuk Bidang Kedokteran di Indonesia

Cloud Computing untuk Bidang Kedokteran di Indonesia


 

Diartikel-artikel sebelum nya kita sudah membahas tentang pengertian dari Cloud Computing /Komputasi Awan. Selain itu juga sudah kita jabarkan tentang terapannya pada banyak bidang di kehidupan sehari-hari seperti di perusahaan, di bidang automotive dan masih banyak lagi.
Kali ini akan kami sajikan salah satu artikel yang membahas tentang Penggunaan Cloud Computing /Komputasi Awan di bidang Kedokteran

Cloud Computing untuk Bidang Kedokteran di Indonesia

Pada bidang kedokteran di Indonesia juga diperlukan penggunaan teknologi yang memadai termasuk juga teknologi informasi berbasis cloud computing. Seperti halnya pengembangan “Telemedicine”, yakni pelayanan di bidang kesehatan jarak jauh. Ini berarti bahwa layanan pengobatan yang mencakup semua bentuk pengobatan yang memanfaatkan media, dimana pasien dan dokter dapat berkomunikasi jarak jauh. Baik menggunakan telepon seluler, telepon rumah, internet dan sebagainya. Telemedicine juga didefinisikan sebagai transfer data medis elektronik dari satu lokasi ke lokasi lainnya via online. Namun yang ingin saya tekankan adalah penggunaan Telemedicine yang lebih modern sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini yakni berbasis internet.

privat_cloud_cozy

Telemedicine bisa dikatakan sebagai alat yang dapat membantu banyak orang dengan beragam masalah kesehatan. Sangat banyak manfaat yang ditawarkan dalam penggunaan Telemedicine, seperti halnya efektivitas waktu, biaya dan tenaga, artinya pasien tidak perlu untuk jauh-jauh datang ke rumah sakit yang menghabiskan banyak waktunya di perjalanan, biaya bahan bakar, dan fisik bertahan di tengah-tengah kemacetan untuk berkonsultasi masalah kesehatan dengan dokter, cukup dengan memanfaat teknologi informasi seperti halnya email atau bahkan video conference dan lain sebagainya.

Adapun manfaat lain yang ditawarkan yakni mengatasi persebaran tenaga medis atau ahli kesehatan, dokter yang sudah professional yang persebarannya tidak merata disetiap daerah yang ada di Indonesia. Intinya, dengan Telemedicine, pasien dapat berkonsultasi dan melakukan pengobatan jarak jauh denga dokter ahli yang ia percayai mampu untuk membantu permasalahannya.

Disisi lain dengan penggunaan Telemedicine ini juga tidak akan menutup kemungkinan untuk menimbulkan resiko seperti halnya cyber crime. Misalnya, penggunaan Telemedicine ini dijadikan sebagai kedok penipuan yang nantinya dapat merugikan pihak lain. Namun hal-hal semacam ini dapat sedikit ditekan dengan penggunaan security bagi semua pemakai jasa Cloud Computing. Sementara semua orang begitu antusias tentang Cloud Computing / Komputasi Awan, mereka harus benar-benar memperhitungkan kemungkinan kegagalan pada Cloud Computing karena Cloud Computing /Komputasi Awan  merupakan teknologi berbasis Internet dan Internet bisa saja gagal.

Source:
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi, http://phenomenalsite.co.cc/?p=46,
http://www.komputasi.lipi.go.id/utama.cgi?cetakartikel&1111718762, http://www.scribd.com/doc/24593215/SEJARAH-KOMPUTASI, http://ishokinoki.blogspot.com/2011/01/telemedicine-it-inovasi-baru-dunia.html, http://dio-donaika.blogspot.com





[wp_bannerize group=”on demand cloud server indonesia” random=”0″]