Efisien dengan “Private Cloud On Demand”

on_demand_cloud_server
Cloud On Demand

Telah banyak artikel yang membahas tentang Cloud Computing diantaranya:

 

Sekarang kita coba membicarakan tentang penerapan nya pada perusahaan. Salah satunya perusahaan yang membawa teknologi cloud computing ke Indonesia yaitu PT. Lintas Media Danawa (LMD), anak perusahaan PT. Lintasarta

Berikut Beritanya:

 

Untuk perusahaan-perusahaan kecil dan menengah yang mempunyai bisnis utama tergantung dari server, layanan cloud menjadi alternatif menarik karena menawarkan efisiensi biaya signifikan. Solusi tersebut memberikan efisiensi dari sisi biaya dan manajemen server dibandingkan dengan dedicated-server.

Efektif karena penyedia layanan seperti perusahaan-persahaan berita online, game provider, content provider, application provider, dan lain-lain, tidak perlu membeli server dan melakukan perawatan sendiri. Semua diserahkan kepada penyedia layanan cloud.

Namun, di sisi lain setiap pengguna juga tetap bisa mengelola sendiri servernya. Saat ini sudah tersedia layanan private cloud atau enterprise cloud, sistem cloud yang dirancang dedicated hanya untuk satu perusahaan/institusi/komunitas saja (single tenant). Sama halnya dengan public cloud, dalam private cloud juga terdiri dari kumpulan server fisik, storage, network equipment (pooled resources) yang diintegrasikan dalam cloud management platform. Bedanya dengan public cloud, dengan private cloud perusahaan memiliki kontrol dan kewenangan yang lebih besar.

Perusahaanlah yang menjadi administrator sistem cloud ini, bukan service provider-nya. Perusahaan juga berhak untuk memakai sistem cloud ini hanya untuk grup tertentu, tidak di-share dengan pihak lain. Private cloud juga memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi karena timbul dari dedicated-equipment dan didesain single-tenant hanya untuk perusahaan yang didaftarkan.Perusahaan juga dapat menambah sendiri sistem keamanan lain seperti Instruction Detection System (IDS) ataupun dedicated-firewall.

Salah satu perusahaan yang menyediakan private cloud ini adalah PT. Lintas Media Danawa (LMD), anak perusahaan Lintasarta, lewat layanan terbarunya Cozy (www.cozy.co.id) yang diluncurkan Selasa (10/5/2011). Keunggulan private cloud yang ditawarkan perusahaan ini diantaranya penawaran hardware komoditi yang terjangkau, dengan dukungan teknis profesional, adanya cloud management platform hingga total biaya lebih ringan, juga proses instalasi yang cepat.

Platform Cloud Management Cozy sudah terintegrasi dengan semua kebutuhan sistem cloud, mencakup virtualisasi (hypervisor), operation otomation, dashboard, security, auto-provisioning system, integrasi dengan billing system, sehingga mudah untuk diinstalasi tanpa harus banyak proses integrasi. Private Cloud dapat dilengkapi dengan Layanan On Demand sehingga biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan lebih terkontrol. On Demand Cloud memungkinkan perusahaan hanya membayar sesuai dengan pemakaian baik secara jumlah resources yang terpakai maupun secara lamanya pemakaian.

Jika perusahaan memakai server hanya 10 jam per hari degan kapasitas RAM server sebesar 2 GB (misal setelah jam kerja, server di shut-down), maka biaya yang harus dibayar oleh perusahaan hanya sebesar 10 jam pemakaian per hari dengan resorces terpakai 2 GB (atau bisa disebut 20 gigabytes-hour per hari). Contoh lain jika suatu ketika perusahaan membutuhkan resources RAM sebesar 6 GB selama 3 hari, dan kemudian setela itu resources RAM kembali ke keadaan normal, misalnya sebesar 2 GB, maka pelanggan hanya ditagih selama 3 hari untuk pemakaian sebesar 6 GB, dan ditagih normal untuk pemakaian RAM 2 GB untuk periode waktu lainnya.

“Hal ini sangat menghemat biaya dan kalau dihitung anda bisa berhemat 30 hingga 40 persen dibandingkan tanpa sistem on demand,” ujar Arief R. Yulianto, Direktur Utama PT. Lintas Media Danawa (LMD).

Perusahaan tidak lagi berlangganan sistem cloud selama satu tahun penuh dengan kuota yang sama sepanjang tahun, yang belum tentu terpakai semuanya, karena dengan sistem On Demand pembayarannya hanya berdasarkan lamanya pemakaian atau banyaknya resources yang terpakai. Naik turunnya resources yang terpakai bisa di-request langsung melalui akun yang telah terdaftar.

Misalnya saat Football Saga, salah satu pelanggan Cozy mengalami peningkatan traffic setelah profilnya diangkat stasiun televisi nasional. Saat itu Football Saga langsung meminta tambahan resources selama beberapa jam untuk mendukung meningkatnya traffic tersebut. Setelah traffic kembali normal, resources pun diturunkan ke posisi semula.

Jika perusahaan tak memiliki waktu untuk mengelola server, Cozy juga menyediakan layanan manage cloud server. Pertama, instalasi dan kofigurasi sistem operasi dan alplikasi (tertentu). Kedua, bertindak sebagai administrator perusahaan. Ketiga, maintenance dan problem handling (baik hardware maupun aplikasi). Keempat, back up data. Kelima, monitoring dan reporting.

 

Source:

http://tekno.kompas.com/
http://wiwitajah.wordpress.com/